Pengertian Blog Pribadi Bukan Main-Main


Apakah anda sudah mengetahui pengertian blog pribadi? Dari judul di atas, anda mungkin berpikiran bahwa pengertian blog pribadi lebih bersifat blog main-main untuk mencurahkan isi hati dan pikiran. Apakah benar seperti itu? Pengertian seperti itu ada benarnya karena pada dasarnya blog pribadi adalah sarana untuk mencurahkan isi hati dan pikirannya, baik yang santai atau serius. Bila blog mengandalkan artikel orang lain sudah dianggap bukan blog pribadi melainkan blog buatan orang walaupun blog milik pribadi. Jadi, jelas ya perbedaannya? Lah, bila seperti itu, apakah masih membutuhkan penjelasan?


Pengertian Blog Pribadi Versi Owner Blog 

Banyak sekali pemilik blog yang ternyata dituliskan kontennya oleh penulis lain full. Bila seperti ini, apakah masih dianggap blog pribadi? Secara cara pandang kepemilikan, itu masih dianggap blog pribadi walaupun mengandalkan penulis lain. Pengertian blog seperti ini sudah banyak dilakukan para pembisnis online. Banyak orang yang memiliki blog dengan tidak diurusi oleh dirinya sendiri. Tentunya, hal ini karena berstatus legal mengandalkan penulis jujur yang memang dibayar.

Kepemilikan blog bersifat hal teknik mengenai website, hosting dan domain. Karena hanya seperti ini, si pemilik alias owner blog tidak atau bukan dianggap sebagai blogger.

Kesimpulannya, pengertian blog versi owner adalah blog kepemilikan yang dibuat dengan bantuan penulis profesional.

Pengertian Blog Pribadi Versi Penulis Diary

Penulis diary sebenarnya penulis yang bersifat private. Bila seperti ini, apakah mereka rela mempublikasikan tulisan pribadinya? Kalau masih tetap mempertahankan penulisan manualnya tanpa melirik dunia online, mereka sepertinya tertekan tersendiri. Bagaimana tidak tertekan, mereka dihadapkan antara penulisan di media konvensional dengan media online. Otomatis, penulis diary menyesuaikan diri dengan tetap mempertahankan sikap private soal kehidupan dirinya yang ditulis dalam buku diary.

Ada dua hal yang perlu diperhatikan penulis diary yaitu penulisan rahasia dan penulisan terbuka. Penulisan rahasia alias private masih menggunakan media konvensional. Bila penulisan terbuka, penulis sudah menggunakan media blog. Nah, di sinilah makna atau pengertian blog pribadi bisa dipahami.

Apa makna atau pengertian blog pribadi versi penulis diary? Pengertian dari itu adalah penulisan blog yang mendasarkan pada pengalaman hidup dirinya dengan gaya tulisan yang cenderung gaya curhat. Biasanya dilakukan penulis wanita.

Pengertian Blog Pribadi Versi Pemahaman Blogger

Blogger adalah tukang tulis-menulis opini, esai atau berita. Blogger sendiri bermakna penulis jurnal harian yang berangkat dari pengertian "blog" yakni jurnal harian. Maka pengertian blog pribadi versi blogger adalah penulisan jurnal harian secara online yang menyangkut apapun yang ada dipikirannya, tanpa melihat pengalaman siapapun sebagai target pembahasan. Intinya, mereka adalah penulis bebas yang membahas apapun, termasuk membahas dirinya sendiri. Hal ini bertolakbelakang dengan penulis diary. Penulis yang juga disebut blogger sudah masuk dalam penulis profesional yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan.

Pengertian Blog Pribadi Versi Media Blog Tanpa Make Money

Memang, penulis blog bisa tidak berkeinginan mendapatkan uang dari blog atau menjadikan blog sebagai media marketing. Banyak blogger yang memang seperti ini. Namun, selagi media yang digunakan menggunakan media Blogger, Wordpres atau lainnya yang cenderung bisa untuk make money, penulis idealis sekalipun bisa mendapatkan uang. Berebeda bila si penulis alias blogger tidak menggunakan media tersebut melainkan menggunakan media semacam Kompasiana atau Detik, mereka tidak bisa menjadikan blog untuk Make Money sekalipun berharap.

Atas dasar pembahasan di atas maka pengertian blog pribadi adalah blog pribadi yang tidak bisa untuk kepentingan make money karena sudah masuk dalam aturan yang menaungi blog pribadi.